Minggu, 05 Maret 2017

PERBEDAAN MOTOR MOTOCROSS, ENDURO, DUAL SPORT, DAN MOTARD

Banyak besutan kita tetap berasumsi yang menjelaskan motor tipe motocross (MX), enduro, dual sport, serta motard itu serupa. Ya tak mengherankan sih sebab penampilan ke empat type motor ini selanjutnya dasarnya bebrapa serupa. Umpamanya, bentuk cungkring, kaki-kaki yang tetras, serta spakbor muka yang begitu khas. Walau sebenarnya, ke empat type motor itu mempunyai ketidaksamaan yang begitu penting, elegan besutan sisi spek ataupun manfaatnya. Apa saya ketidaksamaannya? Yuk dikaji! 



1. Motocross (MX) 

Motocross merupakan balapan motor off road yang berjalan di satu sirkuit yang telah disiapkan. Sebab ini merupakan satu balapan, jadi spek motor yang dipakai pula tak main-main, misal mesin berdaya 125-450 cc, sasis yang rigid, ban pacul yang kembangannya besar-besar, serta shock keluaran merk terkenal yang mempunyai kwalitas begitu elegan. Oleh spek serta kinerja yang tangguh, jadi janganlah heran bila bandrol motor ini begitu mahal. 


Tidak cuma itu saja, motor kepada motocross tak legal dipakai di jalan raya sebab tak disempurnakan oleh peralatan biasa saja jalan raya, misal lampu muka, lampu bagian belakang, lampu sign, klakson, spion, serta knalpot yang sudah lolos uji emisi. 

Contoh motor kepada aktivitas motocross dari lain KTM (125 SX, 150 SX, 250 SX, 250 SX-F, 350 SX-F, 450 SX-F), Yamaha (YZ125, YZ250, YZ250F, YZ450F), Kawasaki (KX250F, KX450F), serta Honda (CRF150R, CRF250X, CRF250R, CRF450X, CRF450R). 

2. Enduro 

Enduro adalah uji ketahanan, elegan kepada rider ataupun motor tersebut oleh melalui beragam halangan. Umpamanya didalam rimba, rider mesti melalui halangan berbentuk ranting pohon yang rendah, batang pohon rubuh, jalanan berbatu, melalui sungai, naik turun bukit, jalanan berbentuk kerikil, pasir, malahan lumpur dalam perjalanan yang lumayan jauh. 

Motor kepada enduro dituntut mempunyai kinerja yang tangguh, walau tak seistimewa motor kepada motocross. Kadang-kadang motor type ini terdapat yang disempurnakan lampu paling utama kepada keperluan enduro pada malam hari. Ban yang dipakai kepada enduro pula serupa oleh ban motocross, berbentuk ban pacul oleh kotak-kotak yang besar serta tidak sering (tak rapat). Umumnya motor enduro mempunyai tangki bahan bakar yang unggul besar mengingat keperluan endurance oleh jarak yang jauh. 

Dengan cara fisik sepertinya tak terdapat ketidaksamaan penting dari motor enduro serta motocross. Ketidaksamaan mencolok anyar nampak di spek, itupun apa bila kita demikian detil dalam memerhatikannya. Masalah bandrol, motor enduro tak semahal motocross, serta motor ini pula tak legal dipakai di jalan raya. 

Ada banyak motor enduro yang dapat didapati dari lain KTM (150 XC, 200 XC, 250 XC, 250 XC-F, 300 XC, 300 XC-F, 350 EXC-F, 450 XC-F, 500 EXC), Yamaha (TT-R125RE, TT-R230, WR250F, WR450F), serta Honda (CRF150F, CRF230F, CRF250X, CRF450X). 

3. Dual Sport 

Apa bila motor kepada motocross merupakan spesialis di sirkuit serta motor enduro spesialis trabas di rimba, sebelumnya bagaimana peran motor dual sport? Motor dual sport atau yang umum dipanggil oleh motor trail merupakan motor yang legal dipakai di jalan raya. Motor dual sport mempunyai kelengkapan misal lampu paling utama, lampu bagian belakang, lampu sign, klakson, spion, speedometer, tempat pemasangan plat nomor kendaraan, knalpot yang lulus uji emisi, serta dapat diregistrasikan maka mempunyai surat-surat yang komplit. 

Motor dual sport adalah kombinasi dari motor yang dapat dikendarai di jalan raya serta tak canggung saat masuk jalanan berbentuk semi off road ataupun off road. Dengan sebab itu, motor dual sport pula umum dipanggil oleh motor 'all road' atau 'dual purpose'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar